Friday, 19 April 2013

ada yaa maksa berbuat baik? ada!

terdengar sebuah percakapan dua anak manusia di suatu senja...
 A: hmm... masih suka males ngaji ga?
 B: lumayan sih. kalo dibandingin ama kmaren, lumayan baek. tapi kalo dibandingin taon lalu, lumayan jelek. knapa?
 A: ntah knapa kepikiran, kok yaa baca novel enteng aja ampe ngabisin 2 judul dalam sehari tapi kalo baca Qur'an 2 lembar aja udah ngeluh. berat. kalo inget gitu, aku suka paksa diri buat baca Qur'an selembar lagi.

 hmm... sebenernya percakapan yang terdengar itu menohok pas dihatiku. blakangan jadi males. shalat cuma mau "absen" aja ke Tuhan. ga bener-bener dari hati.

pengen banget bisa shalat dan ibadah laennya (ga perlu disebutin juga ibadah apa yang aku lakuin itu kan yaa) dilakukan dengan sukarela bukan lagi terpaksa.

tapi bagiku, "paksa" diri buat ibadah itu malah bagus. tapi "paksa" ny pelan-pelan. yang kira-kira bisa dijadikan rutinitas. bukan sekedar hanya untuk beberapa saat. jangan langsong "paksa" yang berat. itu ga akan lama.

tapi ada kok yang bilang "ga ada paksaan dalam agama". ini kata siapa? oke. terserah ini siapa yang bilang. ga mau ngajak ribut. ga penting juga.

tapi aku mau kasih contoh. dulu pas kecil, shalat dipaksa/diancam ga sama orang tua? pasti! nah skarang masih dipaksa ga? paleng cuma diingetin aja kan? kalo dulu orang tua ga "paksa" buat shalat, apa skarang pas besar bakalan jadi rajin shalat? ga akan!

 daaann... kalo ada kebaikan yang udah jadi kebiasaan (ga mesti frekuensi ny tiap hari, bisa tiap minggu, bulan atau tahun), tetap lakukan. paksa! karena membangun kebiasaan baik itu butuh waktu bertahun-tahun tapi ngancurin ny cuma butuh beberapa hari aja. saat pengen ngelakuin lagi, lebih susah daripada pas mulai dulu.











No comments:

Post a Comment